Bandung Guide, Aplikasi Pemetaan Client-Server dengan MapServer dan J2ME

Topik Tugas Akhir ku sebagai syarat kelulusan menempuh gelar Sarjana S1 Teknik Elektro Di kampus tercinta, Institut Teknologi Bandung.

Akhirnya terselesaikan juga aplikasi ini, Terimakasih sebesar-besarnya buat komuniatas Open Source yang telah menciptakan tools MapServer yang memberikan aku ide membuat aplikasi berbasis lokasi (LBS) untuk kota Bandung. Salut buat Mas Eddy Prahasta yang tiga buku karangannya telah ku beli (ga dapat diskon pula), yaitu :

  1. Belajar dan Memahami MapInfo
  2. Aplikasi Pemrograman MapInfo
  3. Membangun Aplikasi Web-based GIS dengan MapServer

Aku ingin berbagi dengan para pembaca semuanya di manapun kau berada, boleh komentar atau memberikan idenya sebanyak2nya untuk kita boleh sama-sama belajar.

Berikut adalah screenshot aplikasi yang telah saya buat :

A. Pada sisi server, yaitu Web-based GIS dengan tools MapServer dan dikembangkan dengan environment PHP

Tampilan awal pada web gis

B. Pada sisi client, yaitu aplikasi J2ME

tampilan awal pada client

source code lengkap bisa didownload di sini: link

27 thoughts on “Bandung Guide, Aplikasi Pemetaan Client-Server dengan MapServer dan J2ME

  1. Asslm …
    Proyek akhir saya konsepnya sama dengan punya mas
    boleh saya minta bukunya?
    untuk bahan referensi?
    thanks alot before

    • Hi Sukesi,
      Wah..kalau buku2+source code telah saya wariskan kepada adik2 kelas yg kebetulan konsep proyek akhirnya juga sama. Buku2 itu sy beli di Toko Buku Gramedia, kalau kamu punya waktu boleh cek di sana. Semoga sukses yaa dengan proyek akhirnya.. 🙂

      Salam

      • Thanks uda di balas ya mas ronald …
        Maksut saya buku adalah laporan skripsi/proyek akhir mas, jadi kaya soft kopinya gtu atau ppt waktu sidangnya aja boleh gak mas?
        ngak juga ngak papa ce?
        thanks juga buat doanya ya?
        kalo boleh tau fb nya mas …
        hiks hiks , mau nanya2 gtu

  2. g ada penjelasan yg lebih jelas gitu kah?? hehehe…. makasih…
    Soalnya q lagi bikin aplikasi yg sama, tapi buat peta wisata di kota malang, cuman disediakan dalam tiga bahasa… jadi ada fitur pergantian bahasa gituu… cuman database n peta dari server… 😀
    tapi sekarang masih agak blank… hehehe…

  3. salam kenal mas… q mau tanya ni kalau gambar ( background ) di kasih tombol gmn cara nya?????
    tapi tombol itu bisa diaktifkan semacam nglink…. dan bisa digeser kanan – kiri – atas- bawah…. terus setalah tombol di klik bisa langsung ngambil gambar didatabase.
    mkasih.

  4. assalamualaikum…

    mas, beda g’ kalo pake mapServer sama mapInfo??? boleh minta source code masukin peta yang dibuat pake mapInfo ke webnya g’??
    soalnya TA aq juga tentang GIS mas…
    klo boleh tlog kirim ke email aq y…
    pu3_agustin19@yahoo.com..
    tapi kalo g’ boleh minta source codenya tolong kasih tau langkah2 masukin ke webnya..
    tlogggggggggg banget mas…..

    makasih banyak sebelumnya…

    wassalamualaikum…

  5. assalamualaiku.wr.wb

    mas sy bole tau ga source code masukin mapserver nya ke dalam j2me..
    soalna sy tertarik sm bidang GIS..
    kbetulan judul proyek saya ditolak n disuruh buat ttg J2me + GIS..

    bila berkenan sorce code nya ke ariel_kudo@yahoo.co.id

    Makasi banyak mas..

    Wassalam

  6. salam mas .. mas saya ni juga sama temanya dgn mas.. boleh minta source code dari mapserver ke j2meny soalny lagi stok d situ mas..

    kl blh mas tolong di kirim ke email saya amoor919@hotmail.com kl boleh ya mas 😀

    makasih banget

  7. Mas yg kemarin saya sdh sampai menampilkan peta ke J2ME…
    Tapi petanya dr ESRI sy convert ke JPG dulu …
    Mas tolong langkah2 nya dunk yg dr MapServer ke J2me
    Atau kalo blh source codenya ke kesyong@gmail.com
    Krn kalo pake JPG nilai Gisnya gak ada kata pembimbing saya
    Trimakasih sebelumnya

    • Hi cassey,
      Untuk sisi server file petanya pake standard mapserver kebetulan sy dapatnya peta bandung. untuk mapserver ke j2me sy mengirimkan file stream kok berupa (.jpg atau .png) ke client.

  8. hai, ronald…
    saya mau tanya Anda membuat peta tsb menggunakan apa dan bahasa pemrogrman untuk web servernya apa, JSP atau PHP atau yg lain? klo saya lihat anda menggunakan mapinfo tp disitu tertulis juga mapserver. yg mau saya tanyakan pada intinya. Coding untuk memasukkan peta ke JSP, anda tau tidak soalnya disitu Anda kn membuat mobile(J2ME) nya..
    klo menggunakan JSP(web server) dan petanya mapInfo. saya boleh minta langkah2nya untuk menginputkan peta tsb tidak (& coding nya sekalian)..?? begitu juga kalau menggunakan mapserver dan JSP.
    Klo boleh minta script nya tlong dikirim ke email saya (pu3_agustin19@yahoo.com)

    Trima kasih sebelumnya..
    Saya tunggu balasan anda..

    Agustin

    • Hi Agustin,
      Sy menggunakan PHP untuk server side dan Java untuk client side. Nah. saya juga menggunakan mapserver untuk memroses peta (dalam format file standard mapserver) dan memroses request dari client. Server mengirimkan response berupa image dan text ke client kemudian client merepresentasikan ke layar. (cukup sederhana)

  9. salam mas…

    saya lg ngerjain TA yang hampir sama dengan punya mas…
    saya sudah mngerjakan di sisi servernya, dgn menggunakan mapserver.
    skrng saya mentok di clientnya, gmn cara gabungin mapserver dgn j2menya.
    klo boleh saya minta source codenya untuk bahan referensi,
    klo boleh tolong di emailkan ke the_jokergirl@yahoo.co.id

    ditunggu balasanya..
    trimakasih sebelumnya..

    • Hi dian..sorry baru bales.. teknik yg saya gunakan cukup tradisional kok. Semua request dari client diproses di server dan resultnya berupa image (.jpg, .png, .gif) di kirim ke client.
      Good luck on your TA! 🙂

  10. mas.. saya file petany q simpan di database.. kalau mas kayany pakai file shp.. jadi panggil file shp ke aplikasi j2meny ya??
    kalau panggil petany dari database gmana ya lgsg??? thx

  11. Mas… saya boleh mnta draft laporannya? Kebetulan saya juga lg nyusun TA, jd buat referensinya… Klo boleh, bisa dikirim ke email saya…

    Terima Kasih

Leave a Reply

